5 BAHASA PEMROGRAMAN BARU YANG HARUS KAMU TAHU


Berkembangya teknologi tak bisa dipungkiri karena dibarengi dengan bahasa pemrograman yang ada. Banyak bahasa pemrograman dikembangkan dewasa ini, yang masing – masing memiliki karakter dan kekhasan tersendiri. Mulai dari gaya penulisan, penerapan, dan hasil yang diberikan akan memiliki ciri tersendiri dari tiap-tiapnya. Mungkin kamu sudah tak asing dengan bahasa pemrograman seperti, Java, PHP, HTML, dan sebagainya. Bahasa yang digunakan oleh para programmer dalam merancang dan membangun sebuah produk teknologi, seperti web. 

Baru – baru ini pula, banyak pengembang menciptakan bahasa permrograman baru untuk peningkatan kualitas produknya, sebut saja seperti Google dan Apple.  Persaingan untuk menduduki puncak penguasa teknologi, yang mungkin mengharuskan mereka untuk terus berupaya dalam menciptakan beragam inovasi demi menjadi yang paling terdepan dan dibutuhkan oleh masyarakat dunia.

Inilah artikel yang akan mengulas tentang  5 bahasa pemrograman baru yang harus kamu tahu seperti dilansir dari laman technotification.com,


1. GO


Bahasa pemrograman dikembangkan oleh Google untuk memenuhi kebutuhan dari dunia atas pemanfaatan prosesor multi-core, sistem jaringan, cluster komputasi dan aplikasi web. Hal ini dirancang untuk menjadikan pemrogram lebih  cepat untuk menulis script.





2. CLOJURE


Clojure (lahir tahun 2007) adalah salah satu dari beberapa bahasa yang dibangun di bagian virtualisasi Java, JVM, sehingga kompatibel dengan kode Java dan JRE (Java Runtime Environment).





3. RUST
Rust terpilih sebagai Bahasa yang paling dimintai dalam survei pengembang Stackoverflow 2016, dan bisa menjadi jawaban untuk pencarian Anda. Bahasa ini dikembangkan oleh Mozilla sebagai alternatif untuk C ++. Rust dirancang untuk memiliki kemampuan yang sama dalam hal manajemen memori dan kinerja layaknya C ++ namun dengan lebih cepat. Hal ini seharusnya membuat pemeliharaan kode jauh lebih mudah.




4. JULIA



Bahasa ini dirancang untuk memungkinkan para ilmuwan data dan matematika untuk melakukan segala sesuatu dalam satu bahasa. Julia dimaksudkan untuk menawarkan kemudahan penggunaan dan produktivitas pemakaian alternatif Python dengan kecakapan matematika Matlab dan kinerja C, sehingga Anda dapat melakukan semuanya dalam satu program.  




5. SWIFT


Swift adalah bahasa pemrograman dibuat oleh Apple sebagai alternatif modern untuk Objective-C. Hal ini dilakukan agar system pemrograman menjadi cepat  dan aman dalam hal pengecekan error (error checking), dan mudah digunakan. Swift dibuat secara open source dan tersedia di bawah Lisensi Apache 2.0 untuk platform Apple dan Linux pada akhir tahun lalu.
Itulah 5 bahasa pemrograman baru yang harus kamu tahu. Banyak banget yah guys, bahasa pemrograman itu. Tapi saran dari admin sih buat kamu yang pengen belajar pemrograman, kuasai 2 atau 3 bahasa saja sudah cukup.

**
Pembahasan mendalam tentang bahasa pemrograman akan dibahas di lain kesempatan.



Salam Logitek
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
August 5, 2016 at 2:34 PM ×

Calon-calon hacker harus tau nh
hahahaa

Reply
avatar
Logika Tekno
admin
August 8, 2016 at 3:02 PM ×

Iya bener gan bagi yang mau jadi programmer jg nih harus kuasain :D

Reply
avatar
Thanks for your comment